Home     Dentistry     Computer     Business     Download Center     My Software

Dual Power Supply

Trik Menambah Daya Power Supply Komputer

Kebutuhan para pengguna komputer saat ini makin meningkat, sejalan dengan perkembangan software-software yang rakus akan besarnya memori, yang memerlukan prosesor yang kencang untuk pengoperasiannya. Perangkat-perangkat keras terkini seperti dengan prosesor diatas 2 Ghz, CD-Rom atau DVD-Rom, CD-Rewriter atau DVD-Rewriter, hardisk 40Gb atau lebih, memori 256Mb atau lebih, VGA card, modem internal, dan perangkat-perangkat lainnya yang menunjang aktivitas anda, memerlukan daya yang cukup. Pada jaman sekarang bila anda mengikuti perkembangan hardware (perangkat keras) , komputer dengan PSU (Powersupply) 350Watt adalah syarat minimal untuk menunjang kebutuhan dengan perangkat-perangkat diatas, jika tidak maka komputer anda akan hank atau tidak berjalan dengan semestinya. Tanda-tanda komputer bila kekurangan daya biasanya terjadi “hank” atau merestart sendiri atau suara yang keluar dari soudcard pecah .

Bila hal ini terjadi pada anda maka perlu melihat kembali berapa besar PSU anda bila dibawah 300 Watt maka anda perlu meng-Upgrade dengan yang lebih tinggi, tentu saja anda harus mengeluarkan minimal uang sekitar Rp 300 ribu untuk membeli PSU yang berdaya 400 Watt, dan PSU tersebut masih langka dipasaran.

Bagi anda yang memiliki dana yang terbatas maka anda bisa menggunakan trik berikut. Anda tidak perlu susah-susah mencari PSU berdaya besar tersebut, anda hanya perlu 2 buah PSU, satu yang telah anda miliki sebagai MASTER PSU dan satu lagi PSU dengan daya 200-250 watt sebagai SLAVE bila anda belum punya harus membeli yang 2nd saja dengan harga dipasaran berkisar Rp 80 ribu. Tipe kedua PSU harus sama yaitu bila PSU bertipe ATX maka yang keduapun harus ATX. Hati-hati ketika membeli PSU 2nd anda harus mencobanya dengan cara menghubungkan kabel 14 dan 15 dengan pinset atau sepotong timah, bila kipas PSU berputar dan tidak ada bunyi berdenging pada komponennya (suaranya berbeda dengan putaran kipas) maka PSU tersebut dalam keadaan baik.

Sekarang anda telah memiliki 2 buah PSU dengan daya sebesar jumlah dari kedua daya PSU tersebut. misalkan MASTER PSU 300 watt dan SLAVE PSU 200 watt maka total 550 watt.

Sekarang kabel output dari kedua PSU dengan nomor pin yang sama dihubungkan secara paralel, misal untuk kabel nomor 14 dan 15 dari masing-masing kedua PSU dihubungkan paralel seperti gambar berikut ini, dan begitupun pada seluruh kabel yang lain.

Anda tidak perlu menghubungkan seluruh kabel dengan warna atau output yang sama, misalnya kabel nomor 13,15,16,17,dst sebagai COM atau GROUND cukup menghubungkan salah satu kabel saja dari SLAVE PSU ke MASTER PSU. Kabel nomor 14 dan 15 mutlak harus terhubung

Hati-hati !!! bila tertukar maka salah satu atau kedua PSU anda akan rusak.

Warna kabel setiap PSU ada kemungkinan berbeda dari gambar tersebut, oleh karena itu sesuaikan dengan PSU yang anda miliki, biasanya pada body PSU terdapat stiker petunjuk tentang warna kabel-kabel tersebut.

Sebagai Catatan bahwa trik ini tidak hanya untuk 2 buah PSU saja, melainkan lebih dari dua buah PSU

Penulis : Irfan Qadarusman
nb: Artikel ini telah dimuat pada Tabloid PCplus


No comments: