Home     Dentistry     Computer     Business     Download Center     My Software

Hibernate or Shutdown?

Hibernate or shutdown?

I'm a fan of using hibernation on my desktop PC and notebook, mostly because a computer can almost always come back up out of hibernation far faster than shutdown.

Apa itu Hibernate, Shutdown, Restart dan Standby?

Berikut penjelasan menurut saya pribadi, dari yang saya alami selama saya menggunakan komputer:
1. Hibernate

Salah satu cara mematikan komputer, dengan windows menyimpan semua isi memory (RAM), program yang masih berjalan serta tampilan yang ada saat itu kedalam hardisk. Sehingga pada saat anda menyalakan komputer data yang disimpan tadi dikirim kembali ke memory, jadi semua program, dokumen yang masih berjalan saat itu akan sama seperti anda menekan tombol power yang disetting hibernate.

2. Shutdown

Ini adalah cara mematikan komputer yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. karena secara default windows disetting shutdown saat mematikan komputer. semua program yang dijalankan secara otomatis ditutup oleh windows, data yang berada dalam memory pun akan dihapus.
3.Restart
Dari namanya saja re start artinya mulai kembali dengan komputer telah menyala dan telah masuk windows. biasanya dilakukan untuk merefresh, mengupdate sistem windows setelah di install program atau patch sistem ataupun install driver hardware baru.

4. standby

Komputer dalam keadaan istirahat, semuanya terlihat seperti mati namun hidup, bisa disebut tidur.. lah kan orang tidur nggak mati J.


Perbandingan Hibernate atau Shutdown?

Kecepatan proses mematikan dan menyalakan window

Dari segi ini tentunya hibernate yang lebih baik menjadi pilihan, mengapa? saat komputer dimatikan semua data yang aktif di memory serta tampilan atau program yg masih berjalan saat itu dipindahkan kedalam harddisk tidak di close oleh Window, walaupun misalkan dokumen yang masih kita buka belum kita save. Sedangkan dengan shutdown, window akan menutup terlebih dahulu semua program yg aktif, mengkonfirmasikan dokumen agar disimpan dahulu kepada user kemudian logout lalu menyimpan perubahan setting sistem terakhir dan mati.

Jadi untuk mematikan komputer saja banyak juga prosesnya berbeda dengan hibernate yang lebih ringkas cukup disimpan semuanya kedalam hardisk dan mati.

Saat di hidupkan dengan setting hibernate, window hanya memindahkan data (semua data memory yang disimpan di hardisk) ke memory kembali, jadi setting, program serta tampilan sama dengan saat dimatikan. Sedangkan dengan shutdown, window akan meload semua sistem hardware dan software dari awal serta tampilan layar dekstop bersih dari program-program yang masih dijalankan saat shutdown.

Mungkin anda merasa dengan shutdown juga sama cepatnya, tentu saja jika hanya sampai semua proses startup window selesai tapi bila anda membuka semua program yang masih dijalankan sebelumnya? …. Hibernate lebih cepat

Pembaharuan sistem

Untuk hal ini shutdown lebih baik. Karena sistem window saat startup dalam keadaan Fresh dan baru.

Saat anda menginstall / mengupdate driver ataupun software kadangkala membutuhkan restart, kemudian anda melakukan hibernate, maka saat startup window sistem / driver belum di update.

Mana yang lebih baik, saya gunakan?

Gunakan kedua-duanya, Hibernate dan shutdown / restart

Setting window anda menjadi hibernate secara default, dan jika anda merasa sistem menjadi berat saat meload program atau ada gangguan disistem atau …. pokoknya windownya ada fit gunakan Shutdown (restart jika masih ingin menggunakan komputer saat itu)

Standby lebih baik jangan digunakan karena komputer masih tetap menyala, sayang listrik terbuang sia-sia walaupun kebutuhan listriknya sedikit.

No comments: